Senin, 12 Desember 2011

Keliling 70 Negara menggunakan motor Matic


Tujuh puluh negara sudah dikelilingi Junaedi Arief menggunakan motor matik miliknya. Kota Singkawang merupakan kota terakhir sebelum dirinya istirahat pulang ke Bandung, Jawa Barat.
Berawal kejenuhan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Pariwisata, Junaedi pun ingin mendapatkan suasana baru. Tahun 2006 silam, dia pun mengajukan pengunduran diri. Selama proses pengunduran dirinya diproses, dia sudah melakukan perjalanan mengunjungi 10 negara dengan motornya.

Empat tahun berlalu, dia pun melanjutkan niatnya mengelilingi dunia kembali dengan motok matik. Akhirnya Juni 2010 niat itu kesampaian. Hobinya itu diawali dari Bandung. Kini 18 negara sudah dia kunjungi, 32 propinsi juga sudah sampai dan Kalimantan Barat merupakan propinsi 33 yang dia kunjungi.
Warga Cibiru, Bandung, Jawa Barat ini sejak SMP memang telah memiliki hobi touring. Selama lima kali episode touring, ia menggunakan Honda Supra X 125 untuk mengelilingi 10 negara pada 2006. Pada 2007, ia menggunakan Honda Vario ke 10 negara selama enam bulan. Pada 2008, ia menggunakan CS 1 ke 12 negara. Pada 2009, ia menggunakan Honda CBR 1000 cc berkeliling ke 40 negara. Perjalanan itu ia tempuh selama sebelas bulan. Kali ini ia kembali menggunakan Vario.
Banyak suka duka dimiliki bapak tiga anak ini. Namun yang paling berkesan adalah saat berada di Vietnam, perjalanannya harus tertahan karena ditangkap penduduk primitif di sanayang diamana Motor digantung diatas pohon dan dikurung selama seminggu.
Akhirnya dia bisa dilepas setelah menjalani prosesi adat yang menurutnya unik. Junaedi harus menyusu ke istri kepala suku dan mendapatkan pengakuan masuk dalam keluarga suku tersebut. Kejadian itu selalu diingatnya, karena menjadi catatan tersendiri buatnya kemudian.
Motor miliknya itu boleh dikatakan sangat bagus dari rata-rata motor matik di pasaran, sebagai petunjuk jalan menggunakan GPS seharga Rp 25 juta yang langsung didapatkan dari KBRI Indonesia di Jepang. Fungsi dari GPS  tersebut sangan membantu memberikan petunjuk lengkap dan dapat berbicara, baik kondisi kendaraan dan jalan sekitar.

0 komentar: