Minggu, 18 Desember 2011

The Lion King


Berbicara tentang film produksi Walt Disney Picture. salah satu dari film favorit saya adalah The Lion King. The Lion King ini adalah film ke32 dalam jajaran Disney animated feature. Film ini juga termasuk film musical dan film ini juga salah satu film animasi yang paling sukses. Para animator sebelumnya lebih berkonsentrasi pada Pocahontas karena mengira baahwa fillm itulah yang akan lebih populer sampai saat merek melepas teaser dan The lion King mendapat sambutan lebih baik.

Walaupun film  ini terkesan film anak -anak yang banyak animasi tetapi film ini juga banyak pembelajaran yang dapat diambil. Jadi jangan melihat film itu dikategorika untuk anak-anak tetapi lihatlah pembelajarannya.

Film Simba atau Lion king ini dirilis tahun 1994. film ini megisahkan tentang seekor singa bernama Simba yang merupakan pangeran. Ayahnya bernama Mufasa yang menjadi raja dari seluruh binatang di tempat itu. Mufasa adalah raja yang baik,adil,tegas, dan melindungi kerajaannya. Kerena sikapnya itu, Mufasa jadi raja yang disenangi sama semua binatang.

Simba dari kecil diajari dengan bijaksana dan nilai -nilai baik sama Ayahnya, Mufasa sebagai ayah yang baik mendidik anaknya Simba agar bisa lebih baik dari Ayahnya.

Pamannya Simba, namanya Scar, adik Mufasa, dia iri melihat Simba karena Simba akan menjadi pewaris tahta kerajaannya. Karena haus akan kekuasaan,Scar ingin kudeta, dia kerjasama dengan para hyne buat membunuh kakaknya sendiri.Rencannta Scar menjebak Simba dalam kejaran wildbees. Lalu Simba memanggul Bapaknya, akhirnya bapaknya menyelamatkan Simba. Namun sayangnya, Ayah Simba meninggal karena dijatuhkan oleh Scar dari tebing ke dalam kejaran binatang tersebut.


Setelah Raja Mufasa, Bapak Simba meninggal, Scar menyuruh Hyena buat bunuh Simba. Karena Simba masih kecil, dia belum berani, dan akhirnya dia kabur ke tempat asing yang jauh dari tempat tinggalnya. Simba terus berlari, hingga capek, terus sampai pingsan. Ia kemudian pingsan di gurun dan diselamatkan oleh seekor meerkat bernama Timon dan temannya, Pumbaa, yang merawatnya di hutan tempat mereka tinggal. Simba tumbuh dewasa di tempat itu dan kemudian bertemu dengan seekor singa temannya, Nala, yang memintanya untuk kembali dan mengusir Scar yang memerintah layaknya diktator. Dalam keraguan, ia bertanya pada Rafiki, penasihat ayahnya, dan Rafiki menunjukkan bahwa jiwa Mufasa ada dalam diri Simba. Simba pun kembali ke kerajaannyadatang, Simba kecewa melihat kerajaannya udah jadi hancur gara-gara Scar. Simba kemudian memimpin para singa buat bertarung melawan Scar dan hyenanya. Dalam pertarungan, Scar mengatakan bahwa dirinyalah penyebab Mufasa terbunuh. Pertarungan sengit pun kembali terjadi di tengah amukan api dari kilat. 



Scar akhirnya kalah dan diusir serta Simba menjadi raja. Kemudian Simba menjadi raja yang adil, bijaksana, berani dan melindungi kerajaannya, seperti Bapaknya dahulu, Raja Mufasa.

Dari cuplikasn cerita diatas  menurut saya sangat bagus ditonton oleh semua kalangan karena banyak sekali pembelajaran. Film ini mengajarkan kita agar menjadi pemimpin yang baik , bijaksana, dan tegas. Selain menjadi pemimpin yang baik kita diajarkan bagaimna pengorbanan seorang ayah menyelamatkan keluarganya. Kembali lagi jangan melihat film dari pengkategorian umur. Belum tentu film kategori dewasa pembelajarannya lebih bagus daripada kategori anak-anak.

0 komentar: