Sabtu, 17 Desember 2011

Raja Animasi Walt Disney

Banyak yang mengenal Dinseyland namaun tidak tahu siapa pendirinya?Walt Dinsey . Ya , dialah pendirinya. Walt Disney dilahirkan pada tanggal 5 Desember 1901. Sang raja animasi bermula dari kebiasaan dan hobinya melukis, ia menjadi salah satu orang yang paling terkenal di dunia saat ini. Kariernya dimulai dari sebagi pengantar koran usaha penjualan koran milik ayahnya. Dan ia tidak mendapatkan bayaran sepeserpun dari ayahnya. Hingga ia mencari tambahan uang saku sebagai pesuruh pada toko makanan.


Pada usia 16 Tahun, ia mengikuti sebuah kursus seni. Kemudia ia memutuskan untuk ikut dinas tentara sebagai sopir ambulans palang merah.Komandannya mengetahui bakat melukis Walt dan dimanfaatkan untuk menggambar poster untuk menunjukkan paraa serdadu ke aneka dinas kesehatan. Selain itu, ia bersama rekannya mencari tambahan uang dengan menggambar helm-helm serdadu Jerman yang berserakan di medan tempur dan menjualnya sebagai barang kenangan perang.

Pengalaman perang itu mempengaruhinya menjadi seorang yang keras kemauan. Hingga dia memilih kabur karena menolak menjadi penerus bisnis selai ayahnya. Kemudian ia menjadi seorang kartunis di sebuah perusaah pembuat koran

Bersama seorang temannya ia membangun agen seni iklan dan menerima pesanan secara freelance dari perusahaan-perusahaan rekannya.

Sebuah perusahaan film akhirnya menerimanya sebagai animator kartun dalam film dan meninggalkan pekerjaanya di perusahaan pembuat koran.

Ide kartunnya disukai produsen. Dia mendaptkan gaji yang meningkat dan menjadi terkenal di kota tersebut. Akhirnya dia mencoba membuat fil kartun sendiri di Kota New York City dengan uang hasilnya menabung. Namun, Walt bangkrut.

Berbekal tekad kuat untuk menjadi orang yang sukse , ia pergi ke Hollywood dengan harapan musik studio film. melalui upaya keras akhirnya sebuah fimnya berhasil diputar di sebuah bioskop Hollywood dan mendpatkan royaliti dari pemutaran itu selama 3 tahun. Dari royaliti itu dia dapat membangun kembali studio filmnya dan menciptakan tokoh kartun baru Mickey Mouse.

Gagasan baru pun mucul untuk membuat anak-anak dapat bertemu tokoh-tokoh kartun mereka senangi. Demikian terbentuk Disneyland di California pada tahun 1955. Ia meninggal di tahun 1966. ia penerima 900 tanda kehormatan, 32 piala Oscar, 5 Ammy Awards ,dan 5 Doktor Honoris Causa. Ia juga yang merintis adanya fil kartun dansalah seorang terkaya di dunia.


0 komentar: